SLiMS Community Meet up 2014

SEKILAS SLIMS COMMEET
SLIMS Community Meetup (SLIMS COMMEET) merupakan acara tahunan yang diselenggararakan oleh komunitas untuk mempertemukan komunitas SLIMS dari berbagai daerah se-Indonesia, Senayan Developer Community (SDC), pemerhati dunia perpustakaan dan pemerhati dunia open source, untuk berbagi pengalaman dan berdiskusi mengenai perkembangan serta rencana kegiatan SLIMS dalam rangka membangun dunia perpustakaan yang lebih mandiri dan profesional.

SLIMS COMMEET pertama telah sukses diselenggarakan di Yogyakarta pada tahun 2012. Tahun kedua diselenggarakan di Bogor pada tahun 2013. Di Tahun yang ketiga ini SLIMS COMMEET akan diselenggarakan di kota Semarang sebagai lanjutan dari acara tahun sebelumnya.

Kegiatan SLIMS COMMEET meliputi seminar nasional, lokakarya, call paper, lomba penulisan kreatif, dan community meeting seputar penggunaan dan pengembangan SLIMS.

Pelaksanaan SLIMS COMMEET pada tahun sebelumnya dihadiri oleh berbagai peserta dari berbagai daerah di Indonesia dan diisi oleh para narasumber yang berkompeten dibidangnya baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Secara umum tujuan SLIMS COMMEET adalah sebagai:
1. Memberikan pandangan dan pengembangan tentang konsep aplikasi perpustakaan berbasis open source ke depan.
2. Menyediakan forum komunikasi, konsep pengembangan dan sosialisasi Slims
3. Memberikan pandangan tentang kompetensi pustakawan dalam era keterbukaan
4. Menyediakan forum yang memungkinkan pengguna dan pengembang SLIMS untuk berkomunikasi secara langsung sehingga memungkinkan pengguna menyampaikan aspirasi kepada penggembang SLIMS dan sebaliknya.

SEKILAS SLIMS
Senayan Library Management System (SLiMS) adalah perangkat lunak sistem manajemen perpustakaan (library management system) sumber terbuka yang dilisensikan di bawah GPL v3.
Aplikasi web (yang awalnya) dikembangkan oleh tim dari Pusat Informasi dan Humas ini dibangun dengan menggunakan basis data MySQL, dan pengontrol versi Git. Pada tahun 2009, Senayan memenangi INAICTA 2009 untuk kategori open source.

WAKTU DAN TEMPAT
Acara ini direncanakan berlangsung selama 2 hari pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 22 – 23 November 2014 di SMAN 1 Jl. Menteri Supeno No.1 Semarang, Jawa Tengah

FORMAT KEGIATAN
1. Seminar Nasional
Seminar nasional ini akan bertema “Interoperabilitas SLiMS : pontensi, peluang, dan tantangan” yang menghadirkan pembicara yang kompeten dibidangnya.
2. Lokakarya
Lokakarya akan dipandu oleh Senayan Developer Community dan anggota komunitas dengan membuka tiga kelas berbeda untuk para peserta: pemula, menengah, dan mahir.
3. Call Paper
Slims Commeet 2014 merupakan pertemuan forum komunitas Slims dan merupakan salah satu ajang pertemuan ilmiah tahunan tentang topik yang sedang hangat dibidang teknologi informasi khususnya bidang teknologi open source, sekaligus menjadi sarana para peneliti untuk berkomunikasi dan memaparkan area penelitian mereka. Salah satu isu tentang teknologi adalah interoperabilitas karena faktor heterogenitas dan implementasi fungsionalitas.
Adapun tema call paper adalah
– “Interoperabilitas : pontensi, peluang, dan tantangan” khususnya program open source untuk perpustakaan.
– “Interoperabilitas network (protokol, standarisasi).
– “Interoperabilitas software (interoperabilitas data, interoperabilitas komunikasi aktif)
4. Perlombaan penulisan
Membangun komunitas pustakawan serta menumbuhkan jiwa berbagi para pegiat perpustakaan dalam bentuk tulisan maka Komunitas SliMS dan SDC mengadakan lomba menulis kisah inspiratif bidang perpustakaan/literasi/ atau semacamnya dengan tema “berkembang dalam keterbatasan”. Pemenang akan mendapatkan hadiah serta tulisan akan diseleksi untuk dijadikan buku.
5. SLiMS Community Meeting
Komunitas pengguna SLIMS akan berdiskusi bersama SDC mengenai prospek dan kegiatan SLIMS kedepannya. Selain itu, dilakukan juga sharing session antar komunitas dengan saling memperkenalkan diri dan berbagai pengalaman tentang aktivitas yang telah dilakukan melalui presentasi.

PESERTA
Acara ini menargetkan sedikitnya 150 peserta dari berbagai daerah:
1. Perwakilan Komunitas SLiMS Daerah
2. Pustakawan dan pengelola perpustakaan
3. Akademisi, pengajar (guru/dosen), dan mahasiswa ilmu perpustakaan
4. LSM, Asosiasi, dan Organisasi dibidang perpustakaan dan pendidikan
5. Komunitas open source dan Linux

Anda dapat meregistrasikan diri di: http://www.slimscommeet.web.id/index.php/registrasi

kolordwijo - slimscommeet2014

kolordwijo – slimscommeet2014

Sumber: http://www.slimscommeet.web.id