Library Rockstars: Arie Nugraha Sang Penulis Kode Senayan SLiMS

Mencoba menulis tentang tokoh inspiratif yang satu ini, pikiran saya terlempar jauh kembali pada masa kelas 3 SMA dulu. Pada saat mengikuti bimbingan belajar (Bimbel) merupakan saat pertama saya mengenal Jurusan Ilmu Perpustakaan. Jelas bukan Fitri Tropica (Fitrop) yang biasa wara-wiri di Indonesia Lawak Klub (ILK) sebagai anak Bimbel itu yang mengenalkan saya dengan jurusan ini. Pembimbing saya di Bimbel menjelaskan tentang Jurusan Ilmu Perpustakaan dan yang paling saya ingat adalah penjelasan bahwa jurusan ini mempelajari juga Komputer. “Ah paling belajar Microsoft Office dan dasar-dasar komputer seperti yang lainnya aja” pikir saya saat itu.

Singkat cerita masuklah saya di jurusan atau program studi ini, Ilmu Perpustakaan. Penjelasan mengenai adanya kuliah tentang komputer dari pembimbing Bimbel saya dulu tidak terlalu saya gubris. Saya suka komputer juga untuk bermain game seperti Counter Strike, Warcraft DOTA, Ragnarok, Winning Eleven, Football Manager saja. Sampai pada akhirnya saya bertemu dengan Alumnus bernama Arie Nugraha yang pada saat itu menjadi asisten dosen.

Bang Arie, begitu kami biasa menyapanya. Bang Arie mengajar kami untuk praktikum beberapa matakuliah yang ada hubungannya dengan komputer. Setelah mengenalnya, kami mengetahui bahwa skripsinya tentang program komputer untuk perpustakaan. Saya pun kagum ketika tahu bahwa Bang Arie meluncurkan suatu sistem automasi perpustakaan bernama Senayan (sekarang dikenal juga dengan nama SLiMS/Senayan Library Management System). Bang Arie membangun Senayan bersama Tim yang diantaranya ada Hendro Wicaksono dan Wardioyono untuk digunakan di Perpustakaan Departemen Pendidikan Nasional pada masa kepemimpinan Wien Muldian (pada saat itu dikenal dengan branding Library@Senayan). Hal ini membuat saya teryakinkan bahwa ada pustakawan dan lulusan ilmu perpustakaan yang mampu menguasai ilmu komputer sampai taraf membuat program atau software komputer.

Arie Nugraha

Arie Nugraha


Nama Lengkap: ARIE NUGRAHA
Nama Panggilan: ARIE
Tempat, Tanggal Lahir: JAKARTA, 6 Desember 1982
Pekerjaan: DOSEN
Status: MENIKAH
Nama Pasangan: CAMELIA
Nama Anak: ALYA BAKHITA
Pendidikan terakhir: Magister Teknologi Informasi
Prestasi: Juara 1 kategori Open Source di Indonesia ICT Award 2009
Hobi: Video Games, Hardware PC

Kemampuan programming yang dimiliki Bang Arie pada saat itu merupakan hasil belajar otodidak. Saya pun jadi terinspirasi untuk ikut mempelajari komputer lebih jauh. Saya dan teman-teman kuliah pada saat itu mendirikan komunitas “JIP IT Community” sebagai wadah belajar teknologi informasi. Meskipun tidak banyak pelajaran yang mampu saya serap dalam komunitas ini, namun cukup bagi saya untuk dapat lolos dalam matakuliah yang berkaitan dengan teknologi informasi.

Ada cerita lucu yang saya alami berkaitan dengan Bang Arie dan JIP IT Community. Hampir setiap ada ujian praktikum komputer yang diajar oleh Bang Arie, banyak teman mahasiswi kami menjadi panik. Aneh rasanya karena Bang Arie mengajarkan kami dengan metode step by step secara perlahan dan jelas namun masih saja ada yang tidak mengerti. Usut punya usut, ternyata mereka mengaku tidak konsentrasi dalam pelajaran karena konsentrasinya malah terfokus pada dosennya, Bang Arie. Pada saat inilah biasanya teman-teman JIP IT Community (hampir semuanya pria) yang dikerumuni mahasiswi untuk minta diajari untuk ujian. Bagi-bagi rezeki nih Bang Arie namanya, semoga rezekinya dilipatgandakan Allah SWT. Aamiiiin…🙂

Pada satu kesempatan, saya coba menghubungi Bang Arie untuk menanyakan beberapa pertanyaan. Berikut ini merupakan hasil wawancara saya bersama Bang Arie:
T: Dahulu bisa masuk Jurusan Ilmu Perpustakaan bagaimana ceritanya?
J: Dapet info dari alumni SMA waktu ikut bimbingan tes, tertarik karena jurusannya tidak umum dan pastinya lapangan pekerjaannya masih luas (waktu itu).
T: Apa Suka duka kuliah dan jadi alumni di JIP UI?
J: Suka-nya banyak belajar ilmu baru yang unik dan ternyata sangat bermanfaat, duka-nya kalau dapet nilai jelek pas ujian hehehee
T: Ada kenangan khusus waktu kuliah?
J: Ada, satu kelas dimarahin keras sampe bengong sama dosen karena salah ngertiin tugas hahahaa
T: Bagaimana ceritanya sampai bisa sukses dengan SLiMS?
J: Yang pasti semua hasil dari kerja keras yang dirintis sejak masa perkuliahan. Waktu kuliah hobi pemrograman mulai dari yang sederhana yaitu HTML, sampai PHP. Mulai tahun 2007 bersama Hendro Wicaksono merintis SLiMS hingga menjadi sekarang adalah hasil dari pengalaman, pemikiran dan sumbangan ide dan semangat dari komunitas SLiMS yang setia🙂
T: Visi atau pencapaian ke depannya apa nih Bang? untuk pribadi dan pekerjaan
J: Pribadi: mau menjadi orang yang lebih baik dan tentunya lebih bermanfaat untuk orang banyak
Pekerjaan: ingin mengembangkan ilmu perpustakaan di Indonesia di bidang teknologi dan penelitian lebih jauh agar semakin terasa kebermanfaatanya
T: Bagaimana peran keluarga dalam karir Bang Arie?
J: Keluarga adalah nomor satu, mereka adalah pendukung pertama agar kita menjadi orang yang berusaha lebih baik, dan mereka adalah tempat kita untuk menyandarkan kepala ketika kita lelah dengan pekerjaan.
T: Siapa saja orang-orang yang menginspirasi Bang Arie?
J: Linus Torvalds
Richard Stallman
Tim O’Reilly
Jenderal Sudirman
Bung Tomo
Presiden Soekarno
T: Tips atau pesan untuk mahasiswa JIP?
J: Tak kenal maka tak sayang, belajar dengan baik semua ilmu yang diajarkan di kampus, pahami dan dalami, dan kalian akan menemukan “harta karun” di dalamnya🙂

Sobat, sudahkah kalian menemukan harta karun tersebut? Tidak mudah memang untuk menjadi seseorang yang mampu melihat peluang dalam kesulitan. Maksudnya bukan copet yang mengambil kesempatan dalam kesempitan lho tetapi menjadi seorang yang visioner dan memiliki jiwa enterpreneurship. Langkah awalnya? seperti yang disarankan oleh Bang Arie yaitu kenali, pahami, dan dalami dahulu ilmu yang kalian pelajari. Bukan merupakan sebuah kebetulan bagi kita dapat belajar di jurusan ilmu perpustakaan dan tugas kita masing-masinglah untuk memberi arti dari kejadian tersebut.

Bang Arie telah membuktikan bahwa pustakawan dan lulusan ilmu perpustakaan juga mampu menguasai kemampuan programming software komputer. Penguasaannya terhadap bahasa pemrograman komputer disalurkannya dengan menulis kode-kode yang membangun software Senayan atau SLiMS untuk diimplementasikan di perpustakaan. SLiMS sudah cukup ternama di kalangan pustakawan Indonesia. Bahkan beberapa waktu lalu Bang Arie diundang ke Amerika dalam acara Code4Lib untuk mempresentasikan tentang SLiMS. Berikut ini aksi Bang Arie (menit 1:16:40) dalam Code4Lib 2014 Conference, Let’s join the revolution with SLiMS!

Referensi
1. Senayan (perangkat lunak).http://id.wikipedia.org/wiki/Senayan_%28perangkat_lunak%29 (Diakses pada 12 Juni 2014 pukul 17:03)
2. Website resmi SLiMS. http://slims.web.id (Diakses pada 12 Juni 2014 pukul 17:03)
3. CODE4LIB 2014 Trip Report – Arie Nugraha. http://code4lib.org/node/522 (Diakses pada 12 Juni 2014 pukul 17:03)
4. Code4Lib 2014 Day One: Afternoon Session. http://www.youtube.com (Diakses pada 12 Juni 2014 pukul 17:03)