Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia Ke-3. Bandung, 2-4 November 2010

Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia (KPDI) merupakan forum berskala nasional yang merupakan wadah penyampaian gagasan dan hasil penelitian, berbagi pengetahuan dan pengalaman, serta bertukar pikiran bagi para pustakawan dan penyelenggara perpustakaan Indonesia tentang berbagai aspek perpustakaan digital.

Penyelenggaraan KPDI secara berkala setiap tahun dimaksudkan untuk menyediakan wadah bagi para praktisi, akademisi, maupun peneliti yang secara langsung berkaitan dengan pengelolaan perpustakaan digital maupun yang mempunyai perhatian dan minat terhadap perkembangan implementasi TIK di perpustakaan pada umumnya, maupun perkembangan jaringan-jaringan perpustakaan digital di Indonesia pada khususnya.

Dalam konferensi-konferensi sebelumnya telah dibahas sejumlah topik, mencakup ilmu komputer, ilmu perpustakaan dan informasi, serta manajemen pengetahuan. Melalui KPDI-1 yang mengusung tema ”Kerja Sama Dalam Membangun Perpustakaan Digital Nasional Indonesia” dimaksudkan untuk membangun kesadaran bersama akan perlunya kerja sama berbagai pihak dalam upaya memenuhi kebutuhan informasi masyarakat luas melalui implementasi teknologi digital dalam dunia perpustakaan. Dalam KPDI-2 dengan tema ”Perpustakaan dan Pelestarian Khasanah Budaya Bangsa dalam Format Digital” dicapai kesamaan persepsi di antara para peserta mengenai pentingnya pentingnya melestarikan khasanah budaya dalam format digital (cultural digital heritage), serta peran perpustakaan dalam pelestarian khasanah budaya tersebut. Melalui Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia (KPDI) Ke-3 diupayakan juga tercapainya kesamaan persepsi di antara para peserta mengenai Perpustakaan Digital Nasional Indonesia dan mengenai bentuk Kerangka Kerja Nasional Perpustakaan Digital Indonesia yang menjadi acuan dalam pelaksanaan kerja sama antarperpustakaan dan antar jaringan yang sudah ada.

Tema
Perpustakaan Digital: Isu-Isu Teknis, Strategis dan Masa Depan

Tujuan
Saat ini di Indonesia telah terbentuk beberapa jaringan-jaringan perpustakaan digital, baik yang dibangun berdasarkan kesamaan jenis perpustakaan, layanan, maupun koleksinya.

Peserta
– Pengelola berbagai jenis perpustakaan
– Pustakawan dan tenaga perpustakaan di perpustakaan umum, khusus dan
perguruan tinggi
– Akademisi, peneliti, pengajar dan mahasiswa ilmu perpustakaan dan informasi
– Penerbit sumber informasi digital (E-publishers)
– Perusahaan penyedia informasi (information providers)
– Seluruh stakeholders dalam bisnis multimedia

Tempat Penyelenggaraan
Hotel Horison Bandung
Jl. Pelajar Pejuang 45 no. 121
Buah batu, Bandung – 12345
Jawa Barat, Indonesia.
PHONE : (022)7305000, 7305462
FAX : (022)7304711
http://www.horisonbandung.com

sumber: http://kpdi3.pnri.go.id/