Lowongan Magang: Penyiar angkatan ke-3 2009 VHRmedia.com

VHRmedia News Centre – sebuah media online dan radio streaming di daerah Tebet Jakarta Selatan membuka kesempatan bagi mahasiswa/i untuk:

1.       Magang siaran
–          Mahasiswa
–          Kreatif dan percaya diri
–          Biasa berbicara dengan artikulasi yang baik
–          Humoris
Kami menyediakan training (yang akan diselenggarakan awal bulan November dan transport harian bagi yang memenuhi kualifikasi. Bagi calon peserta yang berminat harap kirimkan CV ke : yola@vhrmedia. com paling lambat 24 Oktober 2009.

– Hide quoted text –

S E J A R A H  V H R

Lahir di masa transisi politik dengan hasil kemenangan kebebasan pers, Voice of Human Right (VHR) Radio Programme mengemban tanggungjawab untuk terus-menerus membuka ruang bagi pendidikan dan pemahaman masyarakat tentang hak azasi manusia, hukum dan demokrasi.

Para pendiri, yaitu Bambang Widjojanto, Munir, Dadang Tri Sasangko, Teten Masduki, dan beberapa sosok human rights defender (pejuang Hak Asasi Manusia), menilai bahwa pemilihan media adalah penting dan akan menentukan apakah embanan tanggung jawab tersebut akan efektif diterima serta berperan dalam proses pembangunan kesadaran masyarakat.

Akhirnya, pada 16 Juni 1999 didirikanlah VHR Radio Programme dengan misi dan tanggung jawab untuk menyediakan media yang paling murah dan mudah dijangkau oleh semua lapisan, dengan akses artikulatif kepada masyarakat secara langsung. Untuk itu VHR Radio Programme membangun jaringan dan kerjasama program siaran dengan radio komunitas dan radio komersial, dalam bingkai jurnalisme yang profesional dan berperspektif hak asasi manusia, hukum dan demokrasi. VHR Radio Programme juga memberikan pendidikan Hak Asasi Manusia bagi para jurnalis, serta pelatihan pengelolaan radio komunitas yang lebih bertumpu pada pembangunan pandangan dan pengembangan nilai-nilai universalitas Hak Asasi Manusia.

V I S I  &  M I S I

Visi

1. VHR Radio Programme sebagai media massa bertanggungjawab memberi sumbangan positif bagi proses Transitional Justice, advokasi Hak Asasi Manusia, penegakan hukum, demokratisasi, perdamaian dan toleransi.
2. VHR Radio Programme adalah media massa yang bertanggungjawab memberi perspektif sebagai bentuk sumbangan yang konstruktif bagi penyelesaian masalah kekerasan struktural, pelanggaran HAM, kesenjangan sosial, dan penegakan supremasi hukum.
3. VHR Radio Programme sebagai media di masa transisi demokrasi adalah salah satu alat ukur pewujudan kedaulatan rakyat melalui pembukaan akses media seluasnya bagi masyarakat untuk mengekspresikan haknya serta memberi koreksi atas kondisi yang berjalan.

Misi

1. VHR Radio Programme bertujuan membangun instrumen pendukung advokasi sesuai visi organisasi untuk menggalang opini publik, sehingga masyarakat mampu berpartisipasi dalam mewujudkan kedaulatannya.
2. VHR Radio Programme bertujuan mengajak masyarakat agar berani menyampaikan kritik dan pendapat sebagai sarana artikulasi kepentingan dan tuntutan, serta komunikasi gagasan dan sikap.
3. VHR Radio Programme bertujuan membangun media yang berfungsi sebagai sarana berbagi informasi, pengalaman, dan pembelajaran bersama antar masyarakat. Untuk itu diperlukan adanya penyediaan fasilitas yang efektif menumbuhkan daya kritis, serta pemahaman yang utuh terhadap kasus atau isu menyangkut kepentingan masyarakat sendiri.

VHRmedia.com diterbitkan oleh VHR News Center. Portal ini mengembangkan konvergensi media, dengan menggabungkan jurnalisme internet dan jurnalisme radio.

Selain mengembangkan portal, VHR News Center juga mengembangkan program radio dan siaran berjaringan. Saat ini, sebanyak 350 radio swasta dan radio komunitas yang terlibat siaran berjaringan dengan VHR News Center. VHR News Center juga mengembangkan kapasitas radio-radio komunitas di Indonesia.

Penasehat/ombudsman : Atmakusumah Astraatmadja
Pemimpin Umum: Raharja Waluya Jati
Pemimpin Perusahaan: Wirayanti
Pemimpin Redaksi: FX Rudy Gunawan
Wakil Pemimpin Redaksi: Margiyono

Redaktur Pelaksana Website: Angga Haksoro Ardhi
Redaktur Pelaksana Program Radio: Yerry Niko Borang
Editor: Margiyono, Angga Haksoro Ardhi, Yerry Niko Borang, Rosmi Julitasari, Arwani
Editor Edisi Bahasa Ingris: Rosmi Julitasari

Reporter: Yuliyanti, Indah Nurmasari, Mulyono, Hervin Kumbang, Kurniawan Tri Yunanto, Yolanda Desvira Dewi
Kontributor: Angel Flessy (Papua), Yovinus Guntur Wicaksono (Jawa Timur), Andhika Puspita Dewi (Jawa Tengah), Markus Makur (Papua)

Teknologi Informasi: Endy Siscareindra
Produksi: Ahmad Lukmanul Hakim

Jaringan: Dhiah Hartini
Manajer Keuangan: Saniyah
Akuntan: Fitrie Rahmiana
Kasir: Nur Ismiyawati
Kepala SDM/Internal: Ida Widaningsih

Support: Giyato, Suhendi

Alamat:
Jl. Tebet Barat Dalam II No. 15 Tebet Jakarta Selatan 12810
Telepon: 021-8318274
Faksimili: 021-8318276
Email Redaksi: redaksi@vhrmedia. com
Email Umum: vhr@vhrmedia. com
situs www.vhrmedia. com