Perpustakaan Terbesar dan Termewah Buatan Indonesia Mulai Dibangun

Pemancangan Tiang Pertama
Pemancangan Tiang Pertama

Pembangunan Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia yang digadang-gadang akan menjadi perpustakaan terbesar, termewah, dan termegah di dunia sudah dimulai pada hari Senin 1 Juni 2009. Sebagai tanda dimulainya pembangunan itu, di adakan acara pemancangan tiang pertama. Rencana pembangunan perpustakaan ini adalah wujud peningkatan kualitas pelayanan Universitas Indonesia yang bercita-cita menjadi world class university. Tak kurang dari Rp. 110 Miliar dikucurkan untuk pembangunan perpustakaan ini. Wah seperti apa ya jadinya?

Sewaktu saya baca kompas.com tentang hal ini, saya mendapat data kalau nantinya perpustakaan ini akan memiliki luas bangunan 30.000 m2 serta terdiri atas 8 lantai, lokasinya di dekat Danau Kenanga, Masjid Ukhuwah Islamiah, FH, FISIP, Fasilkom, dan Science Park.

“Gedung perpustakaan tersebut dirancang dengan konsep “sustainable building” yang mana kebutuhan energi menggunakan sumber  terbarukan yakni energi matahari (solar energy) selain itu di dalam gedung tidak diperbolehkan menggunakan plastik.

Area baru tersebut bebas asap rokok, hijau serta hemat listrik, air dan kertas hingga hal inilah yang menjadikan sebagai perpustkaan terbesar, termodern dan terindah di dunia. erpustakaan pusat UI tersebut akan mampu menampung sekitar 10.000 pengunjung dalam waktu bersamaan atau sekitar 20.000 orang per hari selain itu juga akan menampung 3-5 juta judul buku.” Kompas.com

Perpustakaan Baru UI
Perpustakaan Baru UI

Kalau penasaran seperti apa bentuk gedung itu setelah selesai dibangun. Saya mendapat gambar rancangan bangunan Perpustakaan Pusat UI dari okezone.com sebagai berikut.

UI tidak hanya akan membangun Perpustakaan secara fisiknya saja. Koleksi (baik tercetak maupun elektronik) akan diperbanyak dan tenaga pustakawannya pun akan diseleksi secara ketat. Semoga Perpustakaan ini nantinya menjadi perpustakaan dengan bentuk fisik menawan dan canggih, koleksi yang lengkap, pelayanan yang baik dari pustakawan-pustakawan profesional, dan terawat/terjaga. Sehingga memberikan kontribusi dan manfaat maksimal tidak hanya untuk civitas akademika Universitas Indonesia tapi juga untuk Bangsa Indonesia.

Advertisements

8 thoughts on “Perpustakaan Terbesar dan Termewah Buatan Indonesia Mulai Dibangun

  1. Klo dah buka lowongan, kabarinn yaaaaa
    sesama librarian niy hehehe
    thanks banget info lokernya lowh
    MANTAB!

    ada fb gak?
    add aku ya di windianingrum

  2. aq skrg lgi ngerj skripsi lu2s kira2 akhir thn 2009 ini jur perpust aq tertarik nih buat gabung di perpust UI meski msh bru dibgn tpi ntar klo dah slesai n butuh tenaga kabarin ya diemail aq ato FB:yustincitra@yahoo.com ok aq tggu lho!!!

  3. @yustin n windi: Kabarnya pegawai Perpus pusat UI nantinya akan diambil dari pegawai Perpus seluruh UI yang lulus Tes Seleksi. Mungkin kalau setelah seleksi hasilnya masih kurang br akan diambil dari luar. tapi InsyaAllah nanti akan saya kabarin kalo ada kabar Lowongan di sana. Sebenernya saya juga mau kerja disana kalau lulus nanti.hehehhe……..

  4. mantan pustakawan Salemba UI yang butuh pekerjaan sebagai pustakawan di Perpustakaan UI yang konon termewah di dunia?
    adakah lowongan buat aku.
    Aku jamin aku berKUALITAS, dan loyal terhadap almamater UI tercinta.

    Terimakasih,

  5. apa kabar bang bayu indrawan?
    kabar yang saya dapat dari kepala perpustakaan pusat UI (ibu Luki), pegawai perpustakaan pusat UI yang baru nantinya merupakan hasil seleksi dari pustakawan seluruh perpustakaan di UI yang jumlahnya ratusan. pustakawan-pustakawan ini akan “berebut” tempat yang disediakan sebanyak sekitar 70 pustakawan untuk bekerja disana. konon katanya lulusan JIP-UI yang sudah menjadi pustakawan di perpustakaan-perpustakaan UI tidak akan diseleksi alias langsung diluluskan untuk menjadi pustakawan di perpustakaan pusat yang baru nantinya. saya salut dengan niat abang untuk ikut membangun UI. namun masalah ada tidaknya lowongan buat abang,silahkan hubungi langsung Ibu Luki(alamat email ada di halaman direktori dosen).terima kasih

  6. saya tertarik kerja d perpustakaan UI,tolong d infokan y ke no hp saya 081807547973 atau 021-4752039.
    saya bersedia d tempatkan d posisi manapun.
    satia adi pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s