Perpustakaan Terbesar dan Termewah Buatan Indonesia Mulai Dibangun

Pemancangan Tiang Pertama

Pemancangan Tiang Pertama

Pembangunan Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia yang digadang-gadang akan menjadi perpustakaan terbesar, termewah, dan termegah di dunia sudah dimulai pada hari Senin 1 Juni 2009. Sebagai tanda dimulainya pembangunan itu, di adakan acara pemancangan tiang pertama. Rencana pembangunan perpustakaan ini adalah wujud peningkatan kualitas pelayanan Universitas Indonesia yang bercita-cita menjadi world class university. Tak kurang dari Rp. 110 Miliar dikucurkan untuk pembangunan perpustakaan ini. Wah seperti apa ya jadinya?

Sewaktu saya baca kompas.com tentang hal ini, saya mendapat data kalau nantinya perpustakaan ini akan memiliki luas bangunan 30.000 m2 serta terdiri atas 8 lantai, lokasinya di dekat Danau Kenanga, Masjid Ukhuwah Islamiah, FH, FISIP, Fasilkom, dan Science Park.

“Gedung perpustakaan tersebut dirancang dengan konsep “sustainable building” yang mana kebutuhan energi menggunakan sumber  terbarukan yakni energi matahari (solar energy) selain itu di dalam gedung tidak diperbolehkan menggunakan plastik.

Area baru tersebut bebas asap rokok, hijau serta hemat listrik, air dan kertas hingga hal inilah yang menjadikan sebagai perpustkaan terbesar, termodern dan terindah di dunia. erpustakaan pusat UI tersebut akan mampu menampung sekitar 10.000 pengunjung dalam waktu bersamaan atau sekitar 20.000 orang per hari selain itu juga akan menampung 3-5 juta judul buku.” Kompas.com

Perpustakaan Baru UI

Perpustakaan Baru UI

Kalau penasaran seperti apa bentuk gedung itu setelah selesai dibangun. Saya mendapat gambar rancangan bangunan Perpustakaan Pusat UI dari okezone.com sebagai berikut.

UI tidak hanya akan membangun Perpustakaan secara fisiknya saja. Koleksi (baik tercetak maupun elektronik) akan diperbanyak dan tenaga pustakawannya pun akan diseleksi secara ketat. Semoga Perpustakaan ini nantinya menjadi perpustakaan dengan bentuk fisik menawan dan canggih, koleksi yang lengkap, pelayanan yang baik dari pustakawan-pustakawan profesional, dan terawat/terjaga. Sehingga memberikan kontribusi dan manfaat maksimal tidak hanya untuk civitas akademika Universitas Indonesia tapi juga untuk Bangsa Indonesia.