Cara Aman dari Virus-Virus Nakal

Pada tanggal 4 Januari 2009 saya menonton acara e-life style di Metro TV. Topik yang di bahas bagi saya yang gaptek ini sangat menarik, yaitu cara aman dari virus pada saat memakai komputer. Pakar yang di undang adalah seorang yang ahli dari PCMAV, kalau tidak salah namanya mas Anton. Beliau berkata kalau Top 10 virus di Indonesia merupakan virus-virus lokal, seperti Malingsi,Doremi,WindX-MaxtroX,dll. dan umumnya pembuat virus-virus itu merupakan mahasiswa yang memiliki modus untuk “menunjukan jati diri mereka/unjuk gigi”.

di dalam kesempatan itu mas Anton memberikan tips-tips sebagai berikut:

1.Update antivirus anda. Menurutnya, memang tidak ada antivirus yang 100% bisa menangkal virus. Akan tetapi, ketika anda sudah memutuskan untuk menggunakan antivirus yang anda yakini dapat menangkal virus, update lah terus antivirus anda. Karena antivirus yang tidak update tidak dapat bekerja dengan maksimal.

2.Backup data anda secara berkala. Ketika anda memiliki data-data yang penting atau jumlah data yang sudah banyak, back up lah data anda secara berkala. Sehingga anda tidak perlu khawatir kehilangan data ketika komputer anda terjangkit virus.

3. Jangan download dari sembarang Link. Internet adalah salah satu penyebar virus. Terkadang virus ikut terdownload ketika kita mendownload data. Mungkin dapat di analogikan dengan “jangan jajan sembarangan”

4. Berhati-hati dalam menggunakan USB Flashdisk. Biasanya virus juga menyebar lewat USB flashdisk. Kita sering kali pergi ke warnet untuk mengambil data dan menyimpannya di USB flashdisk untuk kemudian di transfer ke komputer kita. Bagi anda yang sering melakukan hal itu berhati-hatilah.

Tips yang diberikan mas anton memang cenderung kepada tindakan preventif atau pencegahan. Tetapi memang benar kata pepatah “lebih baik mencegah dari pada kehilangan data”. Itu dia tips-tips agar terhindar dari virus-virus nakal yang semakin menjamur seperti penyakit panu saya >.<

Semoga bermanfaat!!